Dari Linux Mint ke Ubuntu Mate

Kalau tidak salah, semenjak versi 5.10, Ubuntu selalu menjadi OS favorit di PC saya, dan ketika Ubuntu menggunakan Desktop Environment Unity, mulai terpikir untuk berganti distro karena Unity terlalu berat di PC saya saat itu. Pilihan akhirnya jatuh ke Linux Mint karena Cinnamon DE jauh lebih ringan dari Unity saat itu. Sejak itu (2014) sampai sekarang (2017) saya menjadi pengguna Linux Mint.

Sebagai seorang software developer ♥, tentu harus selalu mengikuti dengan teknologi terkini, dan ketika mengerjakan sebuah project yang menggunakan imagemagick, baru terasa kalau versi im di Linux Mint sudah ketinggalan jauh (kata developer im di sebuah forum). Keinginan untuk memperbarui/mengganti distro mulai muncul kembali. Dan setelah browsing sana-sini, akhirnya pilihan jatuh kembali ke Ubuntu, karena selain Unity, dan GNOME3, sekarang ada DE yang namanya mate.

Tampilan mate ini sleek, simple dan ringan. Bagi saya ini faktor penting, dan setelah melihat desktop screenshot orang2 pengguna mate, saya semakin tertarik karena custom mereka sangat keren. Berikut ini tampilan screenshot saya:

Screenshot at 2017-03-16 18:32:54

Tampilan di atas sebenarnya adalah tampilan default, yang hanya ditambah dengan custom icon set numix circle. Selain tampilan, tentu seperti yang saya bilang tadi, yang lebih penting adalah versi dari aplikasi-aplikasi yang saya butuhkan untuk menyelesaikan proyek2 sebagai web developer adalah versi terbaru.

OS: Ubuntu 16.04 64bit LTS

$ uname -a
Linux bantengpc 4.8.0-41-generic #44~16.04.1-Ubuntu SMP Fri Mar 3 17:11:16 UTC 2017 x86_64 x86_64 x86_64 GNU/Linux
$ convert --version
Version: ImageMagick 6.8.9-9 Q16 x86_64 2017-03-14 http://www.imagemagick.org
Copyright: Copyright (C) 1999-2014 ImageMagick Studio LLC
Features: DPC Modules OpenMP
Delegates: bzlib cairo djvu fftw fontconfig freetype jbig jng jpeg lcms lqr ltdl lzma openexr pangocairo png rsvg tiff wmf x xml zlib

Image credit: devianart

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s